Monday, November 20, 2017

Rangkuman Artikel Mengenai Bisnis Informatka

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat menjadi hal yang tak bisa dihindari. Pelaku bisnis dituntut untuk merangkul teknologi dalam berinovasi demi mempertahankan keberlangsungan perusahaan. Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Armand W Hartono menegaskan bahwa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pemenuhan kebutuhan maupun pelayanan terhadap konsumen.

Armand menceritakan, keberadaan mesin ATM pada zaman dulu sempat memunculkan ketakutan tersendiri bagi nasabah maupun pegawai bank. Hal itu dikarenakan kedua belah pihak masih berada dalam proses adaptasi untuk memahami penggunaan teknologi mesin ATM. Perubahan merupakan sebuah proses yang lama, perusahaan pun dituntut untuk memperkuat dedikasinya dalam membangun kesadaran bagi para konsumen akan perkembangan teknologi baru.

Armand menghadirkan teknologi berbasis kecerdasan buatan bernama Virtual Assistant Bank BCA atau yang biasa disebut VIRA. Fitur VIRA memiliki keuntungan bagi nasabah untuk melakukan kegiatan seperti cek saldo, mutasi rekening, mencari lokasi ATM terdekat bahkan memperoleh beragam informasi promo. Selain itu, fitur VIRA lebih mudah dan cepat diakses oleh nasabah ketimbang harus mengunduh aplikasi yang sewaktu-waktu bisa gagal diunduh dikarenakan koneksi internet yang lambat.

Armand menyarankan agar para pelaku bisnis yang sedang memanfaatkan teknologi baru harus diterapkan di lingkungan masyarakat kecil terlebih dahulu yang tertarik dengan teknologi baru tersebut demi memperoleh evaluasi baik berupa kritik dan saran agar teknologi tersebut bisa dikembangkan dan dimanfaatkan secara luas.

Sumber : http://biz.kompas.com/read/2017/09/15/093338228/pentingnya-teknologi-kecerdasan-buatan-bagi-pelaku-bisnis

No comments:

Post a Comment